Friday, January 8, 2010

Membuat Media Player dengan JMF 2.1

Membuat Media Player dengan JMF 2.1

Java TM Media Framework (JMF) adalah Application Programming Interface (API) yang dapat digunakan untuk memasukan data-data media, baik itu audio maupun video kedalam apliakasi dan applet Java. Pemrograman aplikasi media menjadi lebih mudah karena kemudahan penggunaan Java.
JMF 1.0 API (Java Media Player API) memberikan kemudahan bagi programmer Java untuk dapat mengembangkan program Java yang dapat melakukan playback data secara time-based. JMF 2.0 API mengembangkan kemampuan framework dengan menyediakan dukungan terhadap proses capturing dan storing data media, mengontrol tipe pemrosesan yang dilakukan selama playback dan juga melakukan pemrosesan tertentu pada media stream.


Implementasi terakhir dari API ini adalah JMF 2.1.1e, yang telah memiliki beberapa pengembangan dalam komponen RTP/RTSP dan bug-fixes.
Dalam artikel ini, akan dibahas pembuatan aplikasi Desktop dengan menggunakan Swing yang mirip dengan media player umumnya. Pembahasan akan langsung kepada pemrograman menggunakan JMF dan tidak akan membahas dasar-dasar Java terlebih dulu. Oleh karena itu, diharapkan pembaca telah menguasai dasar-dasar pemrograman Java terlebih dahulu, terutama pada pemrograman GUI menggunakan kelas-kelas Swing. Dokumen Java Dasar di IlmuKomputer.com sangat bagus untuk dipelajari. Pembahasan akan dilakukan dengan OS Windows XP.
Bagi pembaca yang sudah terbiasa menggunakan IDE dalam membuat tampilan GUI, disarankan untuk langsung saja membuat tampilan GUI nya untuk kemudian merefer kepada teks ini untuk mengisikan method dalam mengeksekusi file-file media. Dalam teks ini, tampilan GUI dibuat sangat sederhana, pembaca dapat mengembangkan tampilan GUI yang lebih indah sebagai latihan.

Download Tulisan Lengkap: sigit-jmf.zip

0 komentar:

Post a Comment


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger